VIRAL, 39 MAHASISWA UNSOED IKUTI PROGRAM INTERNSHIP KE JEPANG

Foto bersama sebelum terbang ke Jepang

www.riaupdate.com

Dalam rangka mendukung kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto (Unsoed) bekerjasama dengan PT Yonata Dewi Sejahtera (PT YDS) dan LPK Kokorono Siji (LPK KS) memberangkatkan 39 mahasiswa untuk mengikuti program internship ke Jepang.

Acara seremonial pelepasan mahasiswa tersebut diadakan Rabu (6/4), di Kedai 95, Ciputat, Tangerang Selatan. Mahasiswa yang mengikuti program internship berasal dari Fakultas Pertanian dan Fakultas Perikanan dan Kelautan Unsoed.

Hadir pada kesempatan itu, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Unsoed (Kuat Puji Prayitno), Dekan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Unsoed (Isdy Sulistyo), Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Fakultas Pertanian Unsoed (Siswantoro), Kepala UPT layanan Internasional (Erwin Riyanto Aldli), dan Ketua Tirn Pengelola Mahasiswa magang ke Luar Negeri Unsoed (Romanus Edy Prabowo) Wakil Rektor dalam sambutannya menyampaikan dukungan luar biasa terhadap program Internship ke Jepang ini, karena merupakan implementasi langsung dari kebijakan MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka) yang ditetapkan Kemendikbudristek, sehingga mahasiswa bisa menerapkan ilmunya langsung di dunia kerja dengan penerapan teknologi yang canggih di negeri Sakura.

MBKM membuka peluang mahasiswa belajar langsung di dunia kerja, internship ke Jepang ini sinergi dengan hal tersebut, apalagi di Jepang teknologi nya canggih jadi mahasiswa akan belajar banyak untuk bisa nanti diterapkan di Indonesia”, jelasnya.

Lebih lanjut Wakil Rektor menyampaikan apresiasi kepada PT Yonata Dewi Sejahtera dan LPK Kokorono Siji, yang telah membantu semua proses administrasi, pendidikan bahasa Jepang, hingga proses pemberangkatan mahasiswa tujuan Nagano dan Hokkaido ini. Terimakasih PT YDS dan LPK KS, saya berharap internship ini bukan hanya untuk para mahasiswa Pertanian dan Perikanan, tetapi meluas ke jurusan lain di Unsoed, yang mahasiswanya ada lebih dari 20 ribu”, harapnya.

Dukungan senada disampaikan Dekan Fakultas Perikanan Unsoed. Program Internship ke Jepang sangat bagus karena membuka pengalaman dan ilmu mahasiswa secara langsung.

“Para mahasiswa belajar mandiri dan menerapkan teori yang mereka pelajari di negeri sakura, ini bagus sekali”, paparnya.

Acara pelepasan ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Komisaris PT YDS (Musa Yosep) didampingi Direktur Utama PT YDS (Nana Nuzul Husnah), Direktur SDM dan Keuangan PT YDS (Marnarita Yarsi), dan Kepala LPK KS (Lula Bagus). Prosesi tersebut dilanjutkan dengan pemasangan jaket almamater sebagai pelepasan simbolik kepada mahasiswa yang akan berangkat ke Jepang awal April 2022. Pada acara tersebut, juga diluncurkan website PT YDS secara resmi.

Direktur Utama PT YDS menyampaikan program ini akan terus dioptimalkan untuk dapat memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada mahasiswa dalam melakukan percepatan dalam meningkatkan kapasitas diri dengan menimba ilmu dan pengalaman di negeri Sakura.

Acara berlangsung secara hybrid, dihadiri pula oleh keluarga besar Unsoed di Purwokerto, para orang tua, BPRS Dana Amanah Surakarta selaku mitra pembiayaan program internship dan perwakilan PT YDS – LPK KS yang berada di Jepang.

PT Yonata Dewi Sejahtera dan LPK Kokorono Siji, pada bulan April 2022 ini memberangkatkan 17 mahasiswa Fakultas Pertanian Unsoed untuk Tujuan Nagano, dan 22 mahasiswa Perikanan dan Ilmu Kelautan Unsoed tujuan Hokaido. (Tata)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

ArabicEnglishIndonesian