Soal dr. Terawan, Plt. Ketum KNPI Minta Komisi IX DPR RI Segera Panggil Pengurus IDI

DR. Dian Assafri Plt. Ketum KNPI

JAKARTA – Walaupun vonis dipecat dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) terhadap dr. Terawan telah direkomendasikan dari Majelis Kehormatan Etik Kedokteran (MKEK), namun faktanya dukungan mantan Menteri tersebut semakin hari semakin bertambah, karena memang seyogyanya publik bisa menilai bahwa inti persoalan adalah inovasi dibidang kedokteran yang dilakukan dr. Terawan yang mustinya didukung dan dibina oleh pihak terkait termasuk IDI yang dikemudian hari mustinya dapat disempurnakan, ungkap Plt. Ketum KNPI DR. Dian Assafri kepada awak media.

Baca : Alasan di Balik Rekomendasi Dipecatnya Terawan dari IDI, Ini Faktanya

Lebih lanjut Plt. Ketum KNPI tersebut mengatakan, kami dari unsur Kepemudaan melihat sejumlah hal yang mustinya diupayakan secara serius oleh pengurus IDI, seperti terkait persoalan efektifitas vaksin beberapa tahun lalu, yang justru telah telah menimbulkan banyak korban termasuk dari kalangan medis sendiri, itu kelanjutannya seperti apa ? padahal pada kenyataanya banyak Negara yang telah menggunakan Sinovac terbukti tidak efektif menekan laju penularan Covid 19 terutama untuk Varian baru (Delta), kenapa diposisi ini IDI tidak kritis ? ungkap DR. Dian Assafri.

Baca : Media Asing: Lonjakan Kasus Covid-19 Di Indonesia Bukti Kegagalan Vaksin Sinovac

Dalam keterangannya kepada awak media, Tokoh Pemuda KNPI tersebut bukan bermaksud ingin memperkeruh kembali suasana, namun terkait dengan persoalan yang menimpa dr. Terawan, mustinya sebagai organisasi profesi yang diberi kewenangan dalam UU Praktik Kedokteran, pihaknya menaruh harapan yang tinggi terhadap berbagai kebijakan IDI yang dapat bermanfaat bagi kemajuan Bangsa Indonesia dengan pembinaan yang baik, serta terbuka dengan berbagai inovasi di bidang kesehatan, farmasi, dan kedokteran, bukan sebaliknya dengan tanda kutip ” membinasakan, ” ungkap DR. Dian Assafri.

Baca : Kilas Balik Sorotan Kontroversi Terawan Soal Vaksin Nusantara

Terakhir Plt. Ketum KNPI dalam keterangannya mengatakan, bahwa pihaknya sependapat untuk mendorong Komisi IX DPR RI yang membidangi kesehatan, untuk segera memanggil pengurus IDI ke Senayan dan sekalian membentangkan sejumlah persoalan krusial berkaitan dengan kebijakan vaksin yang sempat membuat Indonesia menjadi rangking 1 tingkat kematian tertinggi di dunia beberapa tahun yang lalu, ” tutupnya.

Hingga berita ini diturunkan, beberapa pengurus IDI yang kami hubungi via whatsApp belum ada satupun yang mau memberikan tanggapannya. Nah (*thd)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

ArabicEnglishIndonesian