Sekilas tentang Idealisme JHON PILGER

Salah satu diantara berbagai Karya Dokumenter Jhon Pilger

RIAUPDATE.COM

John Richard Pilger adalah seorang jurnalis, penulis, dan pembuat film dokumenter Australia. Dia sebagian besar berbasis di Inggris sejak 1962. Pilger adalah pengkritik keras kebijakan luar negeri Amerika, Australia, dan Inggris, yang dianggapnya didorong oleh agenda imperialis dan kolonialis. Pilger juga mengkritik perlakuan negara asalnya terhadap Penduduk Asli Australia.

Dia pertama kali menarik perhatian internasional atas laporannya tentang Genosida Kamboja. Karirnya memulai pembuatan Film Dokumenter dengan judul The Quiet Mutiny (1970), dibuat dalam salah satu kunjungannya ke Vietnam, dan berlanjut dengan lebih dari 50 film dokumenter sejak saat itu. Karya lain dalam bentuk ini antara lain Year Zero (1979), tentang buntut dari rezim Pol Pot di Kamboja, dan Death of a Nation : The Timor Conspiracy (1993). Banyak film dokumenternya tentang penduduk asli Australia termasuk The Secret Country (1985) dan Utopia (2013).

Di media cetak Inggris, Pilger bekerja di Daily Mirror dari 1963 hingga 1986, dan menulis kolom reguler untuk majalah New Statesman dari 1991 hingga 2014. Pilger memenangkan Penghargaan Jurnalis Inggris Tahun Ini pada tahun 1967 dan 1979. Film dokumenternya telah memperoleh penghargaan di Inggris dan di seluruh dunia, termasuk beberapa penghargaan BAFTA. Praktik media arus utama adalah subjek biasa dalam tulisan Pilger. Dengan kondisi dan Isu Terorisme yang saat ini terjadi banyak Netizen yang share kata-kata bijak dari Jhon Pilger yaitu ” Far from being the terrorists of the world, the Islamic peoples have been its victims ”

John Pilger adalah jurnalis investigasi dan pembuat film dokumenter terkenal, dua kali memenangkan penghargaan tertinggi jurnalisme Inggris. dokumenternya telah memenangkan penghargaan akademi di Inggris dan Amerika Serikat. Sebagaimana Harold Pinter menulis bahwa John Pilger menggali, dengan fakta-fakta yang sangat menarik, kebenaran yang kotor. ” Saya memberi hormat padanya. ” (thd)

Sumber : wikipedia.org, newstatesman.com, morningstaronline.co.uk dan lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.