TERKUAK, Ternyata Jemaah Haji Indonesia Ditolak Bukan Karena Covid 19

www.riaupdate.com
Selasa 16/2/2021

ARAB Saudi ngotot tolak Jemaah Haji dari Indonesia, Kemenag dibuat kebingungan, ada apa sebenarnya.

Apakah sekedar masalah covid 19 ? Atau masalah lainnya bersangkutan rezim ini yang anti Islam ?! Atau karena sering mengolok olok bahwa Islam bawaan dari Arab & Kadrun? Atau bersangkutan dengan penahanan IB HRS? Yang Jelas, karena belum bayar bea akomodasi calon jemaah haji. Maunya hutang dulu, bayar belakang aja. Kerajaan Arab Saudi tidak mau. Berarti memang benar dana jemaah haji diduga dipakai dua tahun lalu. Dan bukan isu belaka. (Tribunjambi).

Pemerintah Arab Saudi bersikeras tak mau menerima lagi jamaah dari Indonesia yang ingin menunaikan ibadah ke Tanah Suci Mekkah. Agaknya, upaya pemerintah Indonesia membangun kompromi dengan Pemerintah Arab Saudi menemui jalan buntu. (http://id.opr.news/6cd8e89d210205id_id?client=mini_detail
[9/2 12:55] Wasiat Jsm: Jokowi Ternyata Sudah Pakai Rp.38,5 Triliun Dana Haji, Jamaah Tak Diberitahu)

Baca juga : OMAN : Pastikan Indonesia Tidak Ada Utang Akomodasi Jemaah Haji Di Arab Saudi

Baca juga : INDONESIA Termasuk Yang Dilarang Ke Arab Saudi, Kenapa Ya ?

Pada tahun 2014 Dana Haji dipakai oleh Kementerian Perhubungan sebesar Rp. 1,371 Triliun untuk pembangunan proyek-proyek :

1. Jalur Kereta Api Ganda (Cirebon – Kroya).

2. Jalur Kereta 4 Track/Double Double (Manggarai – Jatinegara).

3. Jalur Kereta Api Ganda (Jatinegara – Bekasi).

Kemudian dipakai oleh Kementerian Agama sebesar Rp. 200 Miliar untuk pembangunan Proyek Revitalisasi dan Pengembangan Asrama Haji di Kota Medan, Padang, Jakarta dan Balikpapan. Pada tahun 2015 dana haji dipakai oleh Kementerian Perhubungan sebesar Rp. 2,92 Triliun untuk pembangunan proyek-proyek :

1. Jalur Kereta Api Ditinggikan (Medan – Kualanamu).

2. Jalur Kereta Ganda (Martapura – Baturaja & Cirebon – Kroya).

3. Fasilitas Kereta Api (Manggarai – Jatinegara dan Jatinegara – Bekasi).

Kementerian Pekerjaan Umum & Perumahan Rakyat (PUPR) juga memakai sebesar Rp. 3,51 Triliun untuk pembangunan proyek Pembangunan Jalan dan Jembatan di Pulau Sumatera, Jawa, NTB, Kalimantan, Sulawesi, Maluku dan Papua.

Kementerian Agama memakai sebesar Rp 675 Miliar untuk pembangunan proyek-proyek :

1. Revitalisasi dan Pengembangan Asrama Haji di 8 lokasi di Indonesia.

2. Pembangunan/Rehabilitasi 19 Kantor Urusan Agama (KUA)

3. Pengembangan Gedung dan Fasilitas 7 kampus Pendidikan Tinggi Islam Negeri (PTKIN).

Selanjutnya pada tahun 2016 Dana Haji dipakai oleh Kementerian Perhubungan sebesar Rp. 4,983 Triliun untuk pembangunan proyek Jalur Kereta Api Tinggi & Ganda di JABODETABEK, Jawa Tengah, Jawa Timur dan Sumatera. Kementerian Pekerjaan Umum & Perumahan Rakyat pun memakai dana haji sebesar Rp. 7,226 Triliun untuk proyek pembangunan Jalan, Jalan Layang, Underpass/Terowongan dan Jembatan di Pulau Sumatera, Jawa, NTB, Kalimantan, Sulawesi, Maluku dan Papua.

Baca juga : BALASAN untuk jawapos.com: Hoax Jamaah Haji Indonesia Ditolak karena Utang Dana Akomodasi

Kementerian Agama pada tahun 2016 pun memakai dana haji sebesar Rp. 1,468 Triliun untuk sejumlah proyek :

1. Revitalisasi dan Pengembangan Asrama Haji di 7 lokasi.

2. Pembangunan/Rehabilitasi 181 Kantor Urusan Agama (KUA).

3. Pembangunan Gedung dan Fasilitas 25 kampus Pendidikan Tinggi Islam Negeri (PTKIN).

Sepanjang tahun 2017 dana haji dipakai oleh Kementerian Perhubungan sebesar Rp. 7,543 Triliun untuk pembangunan proyek Jalur Kereta Api Tinggi & Ganda di JABODETABEK, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatera dan Sulawesi. Kementerian PUPR tahun 2017 ikut memakai sebesar Rp. 7,429 Triliun untuk pembangunan proyek-proyek :

1. Pembangunan jalan, jembatan layang, jalan layang, terowongan dan jembatan di Pulau Sumatera, Jawa, NTB, Kalimantan, Sulawesi, Maluku dan Papua.

2. Pengendalian banjir dan lava, pengelolaan drainase utama kota, dan keamanan garis pantai.

3. Pengelolaan bendungan dan bangunan kontainer air lain nya.

4. Pasokan air baku dan manajemen.

Kementerian Agama pada tahun 2017 memakai dana haji sebesar Rp. 1,192 Triliun untuk pembangunan proyek-proyek:

1. Revitalisasi dan Pengembangan Asrama Haji di 11 lokasi/kota.

2. Pembangunan/Rehabilitasi 256 Kantor Urusan Agama (KUA).

3. Pembangunan Gedung dan Fasilitas 32 kampus Pendidikan Tinggi Islam Negeri (PTKIN).

Sisanya ditempatkan di bank – bank dan perusahaan. Belum ada penjelasan resmi bank dan perusahaan mana saja yang memakai dana haji selama ini. Sementara itu jutaan Calon Jemaah Haji (CJH) hanya bisa melongo dan menunggu berangkat berhaji hingga uzur dan hinga akhir hayatnya.

Baca juga : INDONESIA Harus Merubah Gaya Politiknya, Jika Serius Bantu Rakyatnya bisa Haji dan Umroh

Lalu pertanyaannya adalah,

1. Pemilik dana tidak pernah diberitahukan soal penggunaan dana tersebut, khususnya untuk infrastruktur. Jamaah haji tahu nya bayar buat berangkat haji, bukan buat bangun infrastruktur. Kalau untuk pembangunan berapa keuntungan dari pemilik uang/dana haji tersebut.

2. Berapa untung dari pemakaian dana haji tersebut. Sementara sekarang proyek infrastruktur banyak yang rugi misalnya kereta bandara sepi penumpang, bandara Kertajati juga sepi bagaikan kuburan dan banyak MEGA proyek rugi lainnya. Bagaimana nasib dana haji di sana. Apa jaminan/guarantee dari Pemerintah. Berapa untungnya.

Yang penting bagaimana bisa dikonter oleh pemerintah Republik Indonesia sehingga kepercayaan umat Islam tidak pudar. Supaya isu ini jangan melebar. Perlu penyelusuran lebih lanjut oleh pihak media, apapun media nya karena sebagai suara rakyat wajib memberikan hal yang terbaik walaupun itu pahit dan jangan rezim ini membiarkan bola panas terus, sehingga dikritik atau disuruh bisa kritis pada pemerintah, malah dibully atau diadukan karena melanggar UU ITE. Kok bisa ?

78 thoughts on “TERKUAK, Ternyata Jemaah Haji Indonesia Ditolak Bukan Karena Covid 19

  1. Astagfirullaah al’adziim…ampuni kami yaa Allah….limpahkanlah hidayah kod penentu kbijakan negara ini…
    Ini utk ibadah kami kpd Allah swt…
    Yaa Allah…berilah petunjukmu, shg kami khususx yg punya dana haji yg telah kami percayakan kpd pemerintah ini yg sdh lebih 10 tahun mengendap….
    Hati kami hancur miris ntah apa lg..hanya engkau yaa Allah yg maha tahu…
    Berilh kami rahmatmu agar kami bisa melaksanakn ibadah haji..
    Aamiin yaa Robbal’aalamiin..

  2. Sungguh sangat memprihatinkan kebijakan pemerintah menggunakan dana haji tanpa persetujuan calon haji. Ini wajib diajukan ke pengadilan atau ke DPR, ombudsman RI. Supaya jelas duduk persoalannya

  3. Pidanakan, semua unsur yang terlibat meminjam dana haji dan yang merestui meminjamkan harus dipidanakan, hal tersebut tergolong tindak pidana penipuan nasional, polisi mesti tegas !!!

    1. Kita tunggu, bagaimana pa’ menteri agama menyelesaikan masalah haji ini?
      Tapi yg lebih menarik, kenapa Arab Saudi tidak bersedia memberi hutang untuk akomodasi jemaah ya?

  4. Keterbukaan informasi soal penggunaan dana ummat disampaikan kpd calon haji, kasihan menunggu begitu lama,bgmn pertanggungan jawaban nya,harus terang benderang.oke..

  5. Mengapa yg seperti ini di diamkan terus, kalau umat Islam terus di rugikan, mengapa tidak ada yg berkoar di gedung Dewan Perwakilan Rakyat, apakah mereka semua telah memakan uang jamah haji, maka diam dan bungkam mulut mereka, tolong ini tidak bisa di diamkan terus. Apakah ini yg di katakan rezim yg sebenarnya, menindas rakyat, ntar berkoar-koar, di tangkap karena menjelek-jelekkan pemerintah.

    1. Sepertingan anda bukan pemeluknagama islam, dkrn sangat tdk paham susahnya naik haji dg biaya yg besar … yg tolol berarti anda sendiri

    2. Postingan yang amat sangat bagus, supaya umat Islam dan para calon jamaah haji tahu kalo dananya selama ini di SALAH GUNAKAN oleh rezim ini. Na’udzubillahmindzalik

    3. Yg tolol tu elo, ini postingan perlu di jawab oleh pemerintah, nama aja pembela NKRI, bukan bela negara nya dan rakyat nya tp malah bela yg dah jelas2 salah

    4. HOAX SILAHKAN DI CHEK PADA MEDIA MEANSTREAM.
      MEDIA SEPERTI RIAUUPDATE.COM INI YANG MEMBUAT KEBENCIAN YG MENGAKIBATKAN PERPECAHAN.

  6. Terus gimana apa kalau pemerintah cuma bingung ngak bisa kasih solusi kenapa dulu kok berani pinjam dana haki .baru selarang lho jamaah indonesia di tolak padahal sebelumnya jamaah indonesia lah yang paling banyak

  7. Saya dan istri jadwal berangkat th 2022..sedang ini udah bayar dari th 2013 . Mudah2an terkabul th yg sudah ditentukan brangkat ibadah haji. Aamiin.

    1. Ya Allah….smg saya dan istri yg sdh daftar th 2012 dan msa tunggu 10th, akan berangkat th 2022 bisa sgr menunaikan ibadah haji sgr. Smg dana haji digunakan utk semestinya….Aamiin YRA.

  8. Hati2 yg mempermainkan dana haji. Itu milik umat . Dan banyak diantaranya yg susah payah mengumpulkan uang sedikit demi sedikit u naik haji.

  9. Astaghfirullah…memang rezim sekarang selalu merugikan khusui umat Islam..kalo tidak sanggup mengurus negara lebih baik mundur..bodoh kok di pelihara.

  10. Kalian pemakan uang tabungan haji kami sekeluarga, bahkan ortu sy sdh lunas dan mestinya brgkt 2020. Kalau berita ini benar sungguh kami tdk ridho. Laknat Allah atas kalian penyalah guna harta ummat. Syaiton kalian..

  11. Kalian pemakan uang tabungan haji kami sekeluarga, bahkan ortu sy sdh lunas dan mestinya brgkt 2020. Kalau berita ini benar sungguh kami tdk ridho. Laknat Allah atas kalian penyalah guna harta ummat. Syaiton kalian..

  12. Kalian pemakan uang tabungan haji kami sekeluarga, bahkan ortu sy sdh lunas dan mestinya brgkt 2020. Kalau berita ini benar sungguh kami tdk ridho. Laknat Allah atas kalian penyalah guna harta ummat. Syaiton kalian..

  13. Padahal disitu bukan hanya dana haji milik orang kaya. Orang kecil yg nabung lalu tidak berangkat². 1 persen memakai uang haji apa hukumnya njeh… bisa jadi pembahasan fiqih ini… mudah-mudahan jadi pelajaran bagi negara kita.

  14. Secara dhohiriyah kita serba sulit :
    Mau lapor ke yg berwajib setali tiga uang.
    Lapor wakil rakyat sama saja….Mereka dalam satu Tim….
    Senjata kita hanya satu : kita serahkan kpd yg Maha segalanya…….Allah Swt.

  15. Semua bea haji tahun ini dan atau tahun berikutnya harus diselesaikan sebelum keberangkatan oleh pemerintah.

    Peruntukan dana haji kan sudah jelas orang dungu ndeso juga paham, bukan diperuntukkan yang tidak sesuai peruntukkannya.

    Pemerintah kan lebih tahu dan bisa bila ada kemauan.

    Makasih

  16. Apa.bisa diadili rejim ini,
    Masalah penggunaan
    Dana haji ,tanpa ijin jamaah yg setor,mudah – mudahan nanti bisa di adili di aherat nanti…
    Semoga ….

  17. Astaghfirullah……………. semoga bisa cepat di cari penyelesaian nya dan bisa menunaikan ibadah haji ke tanah suci Mekkah……aamiin…..

  18. Sudah ditampakkan kezoliman para Penguasa oleh Allah SWT, tunggu apa lagi segera ditindak dengan tegas sesuai dengan peraturan yang berlaku. Tidak mungkin petinggi negara tidak tahu termasuk DPR, kalau tidak ada kerjasama. Moral pemimpin bangsa kita sudah tidak punya rasa malu dan dengan terang-terangan berbohong berita bahwa Keberangkatan Jemaah Haji karena Covit, jelas kejahatan yang sudah diluar batas. Nauzubillahimizalik,…. . Negara sudah SALAH URUS DAN TERKESAN PEJABAT YANG TERKAIT ADA PEMBIARAN….

  19. Masih dpat d maklumi dana tsb untk mrmbangun sarana umum yg bisa d gunakn dan dimanfaatkan

    oleh masyarakt banyak dari pad d korupsi seperti dana2 yg lain kami setor untk berhaji yg penting kami sudh berniat untk melaksanakn ibadh haji Alloh sudh mencatatnya karena Alloh maha tahu segala Nya

    1. Assalamualaikum sodara muslim……sebaiknya kita doakan saja……Allah tdk prnh tidur kok……sperti yg dikatakan di Al-Qur’an, Hadist, bahwasanya mrka2 yg memakan hak org lain akan dpt ganjaran yg setimpal di akhirat oleh Allah SWT……kita sebagai umat muslim mendoakannya agar di buka kan pintu taubat untuk pemerintah kita dan diberikan pemerintahan yg menjunjung tinggi nilai2 didalam norma agama dan bersikap adil dan makmur untuk kita semua…….amiiinnn……….percuma kita berdebat mrka2 tdk akan mendengarkan kita…….alangkah baiknya kita sama2 berdoa……bkn kah semakin bnyk yg berdoa dan meminta kepada Sang Khalik akan lbh mudah sampai doa nya……..krn doa senjata paling ampuh……..Allah sdh memberikan peringatan kepada kita semua bukti2 KebesaranNYA……..sprti yg kita rasakan skrg ini…….mari kita sama2 berdoa meminta kepada Allah SWT…….

  20. Assalamualaikum sodara muslim……sebaiknya kita doakan saja……Allah tdk prnh tidur kok……sperti yg dikatakan di Al-Qur’an, Hadist, bahwasanya mrka2 yg memakan hak org lain akan dpt ganjaran yg setimpal di akhirat oleh Allah SWT……kita sebagai umat muslim mendoakannya agar di buka kan pintu taubat untuk pemerintah kita dan diberikan pemerintahan yg menjunjung tinggi nilai2 didalam norma agama dan bersikap adil dan makmur untuk kita semua…….amiiinnn……….percuma kita berdebat mrka2 tdk akan mendengarkan kita…….alangkah baiknya kita sama2 berdoa……bkn kah semakin bnyk yg berdoa dan meminta kepada Sang Khalik akan lbh mudah sampai doa nya……..krn doa senjata paling ampuh……..Allah sdh memberikan peringatan kepada kita semua bukti2 KebesaranNYA……..sprti yg kita rasakan skrg ini…….mari kita sama2 berdoa meminta kepada Allah SWT…….

  21. Hello there! This is kind of off topic but I need some
    advice from an established blog. Is it hard to set up
    your own blog? I’m not very techincal but I can figure things out pretty quick.

    I’m thinking about creating my own but I’m not sure where to begin. Do you have any tips or suggestions?
    Appreciate it

  22. Great beat ! I would like to apprentice while you amend your site,
    how can i subscribe for a blog website? The account aided me a acceptable deal.
    I had been a little bit acquainted of this your broadcast offered
    bright clear idea

  23. It’s appropriate time to make a few plans for the longer term
    and it’s time to be happy. I have learn this submit and if I may just I desire to recommend you few fascinating things or advice.
    Perhaps you can write next articles referring to this article.

    I desire to learn more issues about it!

  24. Thanks for some other informative website.
    The place else may I get that kind of information written in such a perfect method?
    I’ve a challenge that I am just now operating on, and I have been at the look out for such information.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

ArabicEnglishIndonesian